Beranda Kesehatan Pegal Karena Terlalu Lama Duduk? Lakukan Gerakan Ini di Kursi

Pegal Karena Terlalu Lama Duduk? Lakukan Gerakan Ini di Kursi

 Banyak jenis pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk berlama-lama, biasanya adalah orang-orang yang bekerja di kantor dengan layar monitor komputer di depan mereka. Duduk dalam waktu cukup lama memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Menurut CNN, duduk seharian bisa membunuh anda, atau setidaknya mengurangi jangka hidup.

Selain itu dampak buruk yang lainnya juga terjadi pada punggung, organ inti dan sistem metabolisme. Namun bukan berarti anda tidak bisa mengatasi segala dampak buruk tersebut, anda bisa melakukan beberapa gerakan berikut yang bisa anda lakukan langsung di kursi tempat anda duduk.

1. Peregangan kaki

Pergerakan anda sangat terbatas ketika anda duduk di kursi selama seharian. Posisi kaki yang terus menekuk dan pasif  bisa mengganggu kesehatan kaki.  Anda bisa melakukan beberapa gerakan untuk membuat kaki anda lebih fleksibel dan juga melatih keseimbangan, selain itu juga membantu memperlancar peredaran darah anda.

Pegal karena duduk

Gerakan peregangan kaki
Pegal karena duduk
Gerakan peregangan kaki dan punggung

2. Peregangan lengan

Menghilangkan pegal duduk
Gerakan peregangan tangan

Selain kaki, tangan anda juga perlu dilakukan peregangan. Mungkin anda melakukan banyak gerakan tangan ketika bekerja seperti mengetik, mengambil sesuatu atau mengistirahatkannya sesekali. Saat ada waktu luang atau disela-sela kerja anda, gerakan ini sangat membantu untuk mengolah otot  lengan anda untuk lebih fleksibel.

3. Peregangan punggung

 Gerakan peregangan punggung
Gerakan peregangan punggung

Punggung adalah bagian yang banyak mengalami kekakuan ketika kita lama duduk. Dan banyak juga diantaranya yang disebabkan karena kesalahan posisi duduk. Gerakan-gerakan ini adalah beberapa yang bisa mengatasi kekakuan ataupun sakit punggung karena terlalu lama duduk.

Gerakan peregangan punggung dan bahu
Gerakan peregangan punggung dan bahu

4. Peregangan leher

Peregangan leher
Peregangan leher

Apakah anda pernah merasakan leher anda sakit  setelah pulang kerja atau ketika anda sedang melakukan pekerjaan anda di depan komputer? Terlalu lama memandang komputer atau posisi duduk dan jarak pandang anda yang salah terhadap komputer bisa membuat leher anda terasa sangat kaku dan sakit. Hal tersebut sangat tidak baik jika dibiarkan, anda bisa melakukan gerakan peregangan leher dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here