Beranda Wisata Pendaki Gunung Merbabu Kini Diharuskan Daftar Dulu Secara Online

Pendaki Gunung Merbabu Kini Diharuskan Daftar Dulu Secara Online

Para pendaki yang ingin memasuki kawasan Gunung Merbabu di Jawa Tengah kini diharuskan mendaftar terlebih dahulu secara, menurut kepala Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan.

Gunung Merbabu
Taman Nasional Gunung Merbabu

Johan mengatakan peraturan itu sedang diujicobakan untuk menegakkan manajemen pendaki yang lebih baik di Gunung Merbabu.

“Langkah ini bertujuan untuk mengontrol kuota dan data para pendaki,” katanya, Kamis, seperti diberitakan kompas.com.

Para pendaki sebelumnya dapat memesan slot masuk melalui laman website www.tngunungmerbabu.org. Manajemen taman juga sedang mempersiapkan aplikasi pemesanan yang akan segera diujicobakan.

“Karena itu kami (pihak manajemen) tidak perlu membuat catatan (secara manual) lagi; Pendaki hanya perlu menunjukkan nomor registrasinya (untuk memasuki kawasan Gunung Merbabu), ”katanya.

Dia mengatakan metode ini dapat membantu memantau dan mengelola jumlah pendaki yang masuk dan keluar jalur hiking untuk menghindari overtourism.

Metode baru ini juga diharapkan membantu manajemen mengumpulkan data lengkap para pendaki beserta kelompoknya, yang akan memungkinkan penyelamatan lebih mudah jika terjadi suatu kecelakaan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

“Ketika memesan secara online, mereka harus memasukkan data anggota kelompok pendakinya; berapa banyak orang, jadwal hikingnya, nomor ID dan nomor kontak darurat (yang bisa dihubungi). Jika mereka memasukkan data di rumah (sebelum tiba di pos lintas), tentu akan memerlukan banyak waktu (guna mengisi data), ”katanya.

Metode pemesanan online sedang diterapkan di jalur Selo Lama. Jika uji coba berhasil, kebijakan serupa akan diterapkan di jalur lain di Gunung Merbabu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here