Beranda Kesehatan Perbandingan Manfaat Kesehatan Pisang Mentah dan Matang

Perbandingan Manfaat Kesehatan Pisang Mentah dan Matang

Manfaat pisang

Pisang secara alami mengandung kalium yang berguna menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah tetap normal. Tetapi itu bukan satu-satunya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Buah pisang juga kaya akan beberapa vitamin, termasuk A, B, dan C, juga fosfor, magnesium, dan serat. Pisang juga merupakan camilan yang sehat karena hanya mengandung 90 kalori. Pernahkan Anda kepikiran, mana kira-kira antara pisang mentah dan matang yang lebih sehat?.

Pisang Mentah

Salah satu manfaat dari mengonsumsi pisang mentah adalah, memiliki kandungan pati resisten yang lebih tinggi. Pati resisten baik untuk orang yang menderita diabetes tipe 2 karena dapat menurunkan kadar gula darah tinggi, sekaligus meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Selain itu, pisang mentah juga kaya akan bakteri probiotik, yang merupakan jenis bakteri yang dianggap ramah dan hidup di usus besar untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Pisang mentah juga bagus untuk orang yang memiliki masalah dalam menyerap nutrisi, terutama kalsium.

Pisang Matang

Pisang kuning atau matang lebih mudah dicerna daripada pisang hijau atau mentah. Meski pada pisang matang memiliki kandungan gula yang lebih tinggi, hal ini tidak berarti kita juga harus benar-benar menghindari buahnya.

Faktanya, indeks glikemik yang lebih tinggi juga membuat pisang matang dicerna lebih cepat oleh tubuh. Maka tak heran, pisang menjadi makanan pertama dan favorit untuk para bayi. Manfaat lainnya adalah, pisang matang menghasilkan Tumor Necrosis Factor (TNF), merupakan zat yang mengandung karakteristik anti-kanker yang efektif dalam memerangi sel-sel yang sudah rusak.

Pisang Mentah vs Pisang Matang

Pisang matang mengandung lebih banyak antioksidan, dibanding dengan pisang yang belum matang. Hal tersebut lantaran kadar antioksidan meningkat seiring pisang menjadi lebih matang. Perlu diingat, jika seseorang rentan terhadap gas dan kembung, baiknya tidak mengonsumsi pisang mentah sementara waktu karena kandungan pati resistannya justru dapat memperburuk kondisinya.

Namun yang terpenting di sini adalah, baik pisang yang matang maupun yang belum tetap menawarkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Seperti telah dijelaskan, pisang mentang mengandung pati resisten yang bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Sedangkan yang matang juga mengandung zat TNF yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here