Beranda Pengetahuan Sejarah Terapi Warna dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Sejarah Terapi Warna dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Terapi warna
Terapi warna

Terapi warna, juga disebut dengan istilah kromoterapi, adalah metode penyembuhan alternatif yang dalam prakteknya menggunakan cahaya berwarna untuk menyeimbangkan energi tubuh. Meskipun terapi warna bukan praktik yang banyak digunakan, terapi ini mendapatkan popularitas di bidang terapi holistik dan alami dengan pasien penderita depresi, mereka yang pulih dari stroke, dan lainnya. Alat yang digunakan dalam terapi warna dapat meliputi lampu, lilin, batu permata, prisma kristal atau kaca, dan lensa mata berwarna.

Sejarah Terapi Warna

Penggunaan terapi warna sudah ada sejak zaman Mesir dan Yunani kuno, yang menggunakan batu dan kristal berwarna untuk tujuan penyembuhan. Filsuf dan ilmuwan Persia Avicenna (980-1037) menulis secara luas tentang pentingnya warna dalam diagnosis dan perawatan medis. Dia percaya bahwa warna merah dapat meningkatkan sirkulasi darah, biru memperlambat darah, dan kuning mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Dalam tradisi Hindu, yoga, dan lainnya, masing-masing chakra, atau pusat energi dalam tubuh, bersesuaian dengan warna yang berbeda: Chakra akar berwarna merah, chakra sakral atau dasarnya berwarna oranye, chakra solar plexsus atau chakra pusar berwarna kuning , cakra jantung berwarna hijau, cakra tenggorokan berwarna biru, cakra mata ketiga adalah indigo, dan cakra mahkota berwarna ungu.

Manfaat dan Kegunaan Terapi Warna

Terapi warna telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai macam penyakit dan kondisi. Cahaya biru digunakan untuk mengobati penyakit kuning neonatal. Paparan cahaya putih bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan afektif musiman (Seasonal Affective Disorder). Pada atlet, cahayamerah terbukti memberikan ledakan energi yang cepat, sedangkan cahaya biru membantu menyetabilkan tingkat energi.

Cahaya merah muda memiliki efek menenangkan dan dapat digunakan untuk menenangkan agresi, permusuhan, atau kecemasan. Kuning merangsang pikiran dan tubuh serta bermanfaat bagi mereka yang mengalami depresi. Jika tertarik mencoba terapi warna, cukup banyak peralatan yang dijual di pasaran terkait untuk kebutuhan tersebut. Selain itu juga dapat mencari pengobatan dengan seorang praktisi yang memasukkan metode terapi warna ke dalam praktiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here