Beranda Pengetahuan Sepuluh Penyakit Paling Mematikan dalam Sejarah Manusia

Sepuluh Penyakit Paling Mematikan dalam Sejarah Manusia

Penyakit Tuberkulosis
Penderita tuberkulosis parah

Ilmu pengetahuan saat ini telah membawa kemajuan besar dalam kehidupan manusia sehari-hari, terutama dalam aspek kesehatan. Namun sepanjang sejarah selama ini telah ada sejumlah penyakit yang benar-benar menciptakan kengerian bagi dunia.

Baik pengobatan modern maupun alternatif telah banyak saling berkontribusi dalam pemberantasan beberapa penyakit paling mematikan yang dialami manusia selama ini. Berikut Geobeats mendaftar 10 penyakit paling mematikan dalam sejarah umat manusia.

Smallpox – Selama lebih dari 10.000 tahun manusia telah diserang wabah penyakit smallpox, yang telah menewaskan ratusan juta nyawa hingga saat ini.

Stroke – adalah penyakit dari golongan serebrovaskular. Di AS saja, lebih dari 140.000 penderita meninggal akibat stroke setiap tahunnya. Kasusnya bahkan bisa lebih tinggi di beberapa negara berkembang.

Campak – Sebelum vaksinasi dimulai pada tahun 1980, sekitar 2,6 juta orang meninggal karena penyakit ini. Pada tahun 2011, jumlahnya berkurang hanya menjadi 150.000 kematian yang resmi dilaporkan, itupun masih tergolong jumlah yang sangat besar.

Malaria – 300 hingga 500 juta di seluruh dunia terinfeksi Malaria setiap tahun dan 1 juta di antaranya meninggal.

Tuberkulosis – Tuberkulosis masih menjadi pembunuh utama di banyak negara terutama di pemukiman yang miskin. Pada 2012 saja lebih dari satu juta orang terbunuh oleh TB.

AIDS – AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome disebabkan oleh HIV. Lebih dari 35 juta di seluruh dunia menderita HIV atau AIDS, 1,5 meninggal setiap tahunnya. Hingga sekarang, belum ada obat pasti untuk penyakit ini.

Tifus – Di Rusia saja,tifus telah membunuh 3 juta orang pada tahun-tahun awal 1900-an. Belum lagi jumlah lain yang dilaporkan dari Negara-negara di seluruh dunia.

Kanker – Jumlah korban meninggal akibat kanker cukup besar, mencapai 7,6 juta orang setiap tahunnya. Bahkan saat ini, kanker telah menjadi momok penyakit paling menakutkan bagi semua orang di seluruh dunia.

Wabah Hitam atau Black Death – The Black Death adalah istilah yang merujuk pada wabah yang menghantui Eropa selama beberapa tahun di pertengahan abad ke-14 yang menewaskan lebih dari 20 juta penduduknya.

Flu Spanyol – Diperkirakan 50 hingga 100 juta orang meninggal dalam waktu kurang dari 2 tahun antara (1918 dan 1919). Jumlah korban tewas tersebut bahkan lebih banyak daripada Perang Dunia I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here