Beranda Kesehatan Suka Nyanyi Saat Mandi? Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

Suka Nyanyi Saat Mandi? Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

Bernyanyi saat mandi
Bernyanyi saat mandi

Ada beberapa orang yang memiliki kebisaan selalu ingin bernyanyi saat sedang mandi, meski sebenarnya suaranya tidak cukup enak didengarkan alias fals. Namun dibalik itu, bernyanyi terutama saat di pagi hari, dapat memberikan manfaat kesehatan yang positif bagi tubuh.

Baik disadari atau tidak, orang yang hobinya selalu bernyanyi saat mandi akan memperoleh enam manfaat kesehatan berikut ini:

1. Meringankan beban stress

Pernahkah Anda menyanyikan lagu di kamar mandi dan suasana hati tiba-tiba langsung membaik setelah itu? Jangan kaget, bernyanyi di kamar mandi memang dapat menurunkan tingkat stres. Setiap kali bernyanyi, Anda juga akan menghirup lebih banyak oksigen berulang kali. Akibatnya, tingkat stres bisa berkurang. Ini adalah teknik yang dikenal, terutama oleh terapis stres ketika mereka meminta pasiennya untuk fokus pada pernapasan dalam.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kortisol adalah hormon yang berkaitan dengan stres. Jika ada terlalu banyak kortisol dalam tubuh, efeknya dapat meningkatkan kadar gula darah dan juga tekanan darah. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi karena ini dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Ketika ada peradangan, penyakit serius, termasuk stroke dan diabetes tipe 2 dapat terjadi. Untuk menghindarinya, kurangi hormon kortisol dengan bernyanyi.

3. Memperkuat Otot

Ada teknik yang dilakukan oleh penyanyi profesional dimana mereka bernyanyi dari diafragma. Jika Anda bisa melakukan ini, maka Anda dapat sekaligus membantu memperkuat otot punggung dan perut.

4. Tingkatkan Memori Otak

Agar bisa menyanyikan sebuah lagu, tentu kita juga perlu menghafal liriknya. Dengan ini, Anda dapat meningkatkan memori otak. Cukup sederhana tpi dianggap sebagai salah satu cara pasti untuk menjaga otak tetap bekerja.

5. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Karena memiliki kadar kortisol yang lebih rendah dan tidak stres, efek selanjutnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ketika tekanan darah rendah, manfaatnya dapat membuat sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

6. Mengurangi Rasa Sakit

Ketika Anda bernyanyi di kamar mandi atau dimana saja, kegiatan ini membantu melepaskan dopamin dan oksitosin dalam tubuh. Akibatnya, rasa sakit berkurang karena hormon bahagia yang diproduksi otak.

Bernyanyi dianggap sebagai salah satu bentuk hiburan paling populer dari masa ke masa. Meskipun mungkin menjengkelkan bagi orang lain yang mendengarnya saat bernyanyi di kamar mandi, biarkan saja, karena lambat laun mereka akan ikutan juga jika sudah tahu manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here