Beranda Pengetahuan Susah Tidur di Malam Hari? Konsumsi Saja Tujuh Buah Ini

Susah Tidur di Malam Hari? Konsumsi Saja Tujuh Buah Ini

Minum segelas susu hangat, menyeruput secangkir teh, menghirup aroma minyak esensial lavender, dipijat santai yang menenangkan, menikmati mandi air hangat, mendengarkan musik favorit, bahkan mengonsumsi pil melatonin, adalah beberapa solusi paling umum untuk mengatasi insomnia atau susah tidur di malam hari.

Tetapi tahukah Anda bahwa makan buah-buahan tertentu ternyata juga dapat membantu mengantarkan tidur nyenyak Anda di malam hari. Terlebih bagi orang yang selama ini mengalami insomnia atau gangguan sulit tidur, maka di sarankan agar secara rutin mengonsumsi buah ini setiap hari.

Artikel ini akan membahas buah-buahan apa saja yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mengatasi insomnia secara efektif. Jika mungkin selama ini Anda ketergantungan dengan pil tidur, maka segera mungkin kurangi karena dapat menyebabkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan.

Pisang

Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah pisang juga dapat membantu meringankan insomnia karena mengandung magnesium, mineral yang membantu mengendurkan tubuh dan juga meningkatkan GABA, bahan kimia di otak dengan khasiat merangsang kantuk dan tidur.

Alpukat

Bukan hanya pisang yang dapat memberikan jumlah asupan magnesium yang cukup bagi tubuh, tetapi juga alpukat. Terlebih lagi, alpukat mengandung banyak lemak sehat dan vitamin B yang dapat membantu mengurangi kecemasan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu dari banyak komplikasi dari menderita kecemasan adalah insomnia.

Buah Prem atau Plum

Buah prem mengandung banyak vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sebabnya mengemil segenggam prune sebelum tidur di malam hari dapat membantu mengantarkan tidur Anda lebih cepat. Di sisi lain, konsumsi prem juga bisa menjadi obat manjur untuk mengatasi sembelit.

Ceri

Melatonin adalah suplemen utama untuk insomnia karena bahan kimia yang ada secara alami ini dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun manusia. Tahukah Anda bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat mendorong sintesis melatonin di otak? Salah satunya adalah buah ceri. Mengonsumsi buah ceri sebelum tidur dapat membantu meningkatkan rasa kantuk lebih cepat dan memudahkan tidur di malam hari.

Anggur

Selain buah ceri, anggur juga memiliki khasiat yang sama sebagai makanan pengantar tidur. Faktanya, mengonsumsi beberapa petik buah anggur dapat membantu meningkatkan kandungan melatonin otak dan dapat mendorong rasa kantuk lebih cepat.

Nanas

Nanas juga merupakan salah satu buah yang terbukti dapat membantu meningkatkan sintesis melatonin. Namun, jika Anda menderita refluks asam, jangan sekali-kali makan nanas ya karena sifatnya yang sangat asam justru malah dapat meningkatkan sakit perut yang diderita.

Delima

Ada beberapa alasan mengapa buah delima adalah alternatif yang sangat baik untuk obat tidur. Pertama, buah delima dapat mendorong peningkatan kadar melatonin di otak. Kedua, seperti pada buah-buah yang telah disebutkan sebelumnya, delima juga mengandung magnesium yang membantu meningkatkan relaksasi dan produksi GABA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here