Beranda Lainnya Tujuh Fakta Tentang Nikola Tesla yang Bikin Geleng Kepala

Tujuh Fakta Tentang Nikola Tesla yang Bikin Geleng Kepala

Siapa yang tidak tahu Nikola Tesla, salah satu ilmuan yang terkenal karena menemukan radio, motor induksi, sinar kosmik dan berbagai penemuan – penemuan luar biasa lainnya. Berkat orang inilah, kita bisa tahu manfaat dari listrik untuk menunjang kehidupan sehari – hari, karena Nikola Tesla adalah orang pertama yang menemukan dan mengembangkan sistem AC (Alternating Current) sebagai sumber arus listrik.

Namun tahukah anda, selain kecerdasannya yang diatas manusia rata – rata, dia juga dikenal memiliki kisah hidup yang eksentrik. Berikut beberapa fakta tentang Nikola Tesla yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya:

Nikola Tesla dilahirkan saat terjadi badai petir

Beberapa orang ada yang menyebut kejadian itu sebagai sinyal Ilahi atau keberuntungan yang diturunkan kepada Nikola, namun ada juga yang menyebut sebagai kebetulan semata. Sejarah mengatakan, Nikola Tesla memang dilahirkan saat tengah terjadi badai petir. Waktu itu tengah malam tanggal 9 dan 10 Juli tahun 1856, ketika ibunya sedang dalam proses melahirkan petir tiba – tiba menyambar dan menggelegar. Bidan yang mendampingi ibunya mengatakan bahwa hal itu sebagai pertanda buruk dan suatu saat anak ini akan menjadi  “anak yang hidup dalam kegelapan”. Namun, sang ibu langsung menjawabnya, “Tidak, dia akan menjadi anak yang hidup dalam dunia terang”.

Nikola Tesla mengaku hanya tidur tak kurang dari dua jam sehari

Bilamana umumnya tubuh manusia memerlukan waktu tidur 8 jam dalam sehari, namun bagi Nikola Tesla hal itu tidak berlaku lagi. Dia mengaku tidak pernah tidur lebih dari dua jam dalam sehari. Hal itu berarti dalam waktu 24 jam, ia terjaga atau tidak tidur selama 22 jam. Namun ketika sudah terlalu serius dengan penelitiannya di laboratorium, ia bahkan pernah tidak tidur dan tidak istirahat sama sekali selama 48 jam atau dua hari berturut – turut.

Nikola Tesla tidak pernah menikah selama hidupnya, meski banyak wanita yang cinta mati

Banyak orang mengatakan, dibalik kesuksesan seorang pria pasti ada wanita hebat dibelakangnya. Namun istilah ini sama sekali tidak berlaku bagi Nikola Tesla. Dia tidak pernah menikah ataupun punya hubungan cinta yang serius , karena ia percaya bahwa pernikahan (dan hubungan seks) akan membatasi kemampuannya untuk berfikir ilmiah.

Ada banyak wanita yang jatuh cinta dan ingin menjalin asmara dengan Nikola Tesla, beberapa bahkan mengatakan “sudah cinta mati dengannya”, namun ia menahan diri. Akan tetapi saat ia terbaring sakit menjelang kematiaanya, Tesla mengatakan kepada para wartawan, “Kadang – kadang saya merasa bahwa dengan tidak menikah, saya membuat terlalu besar pengorbanan untuk pekerjaanku sendiri”.

Nikola Tesla memiliki kemampuan visualisasi tiga dimensi

Nikola Tesla memiliki memori fotografi. Ia menggunakan kemampuannya itu untuk menghafal buku – buku yang dipelajarinya, gambar – gambar  dan berbagai hal di kepalanya. Dia juga memiliki kemampuan visualisasi tiga dimensi yang ia gunakan untuk mengontrol pengalaman – penglaman buruk yang ia alami semasa kecil. Bisa dikatakan, kemampuan itu merupakan karunia dari Tuhan.

Nikola Tesla sudah memprediksi akan adanya internet di masa depan

Dalam sebuah pernyataan ia mengatakan, “koran harian rumah tangga suatu saat nanti akan dicetak secara “nirkabel” langsung ke rumah – rumah”. Dalam pandangannya, Nikola meramalkan bahwa di tahun – tahun mendatang sistem komunikasi global secara nirkabel akan mencapai setiap rumah – rumah di seluruh dunia.

Dia sangat yakin dengan prediksinya tersebut, hingga ia mengusulkan skema ini kepada JP Morgan. Dia membayangkan bagaimana sebuah sistem komunikasi nirkabel dapat digunakan untuk menyampaikan pesan lewat telepon, siaran berita, musik, pasar saham dan bahkan berbagi foto ke seluruh dunia!. Hebat ya, jauh sebelum komputer ada, pria ini bahkan sudah tahu segalanya tentang internet.

Nikola Tesla Pernah berencana untuk melakukan eksperimen pada anak–anak di sekolah dengan melapisi dinding ruang kelas dengan arus frekuensi tinggi

Pada tahun 1912, ia pernah merancang sebuah ide yang terdengar cukup konyol. Ia berencana untuk membuat sebuah alat yang dapat membantu siswa yang semula bodoh menjadi cerdas dan lebih sehat dengan bantuan gelombang listrik. Setelah Tesla berbagai idenya tersebut dengan William H. Maxwell, seorang pengawas sekolah New York City, secara bertahap teorianya itu akhirnya dapat diterima dan bisa dibuktikan secara ilmiah.

Di Silicon Valley, ada patung Nikola Tesla yang memancarkan sinyal Wi-fi

Pada tahun 2013, patung Nikola Tesla pertama kali didirikan di Silicon Valley. Patung ini dilengkapi dengan sinyal Wi-fi gratis yang bisa digunakan oleh siapapun. Didalamnya juga telah diisi dengan kapsul waktu yang akan terbuka secara otomatis pada tahun 2043.  Patung ini merupakan bentuk penghormatan kepada Nikola Tesla sebagai ilmuan yang telas mencetuskan ide tentang manfaat dari teknologi nirkabel dalam kehidupan sehari – hari. Patung ini dibuat berkat hasil kampanye yang dimulai oleh perusahaan Northern imagination.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here