Beranda Kesehatan Tujuh Khasiat Daun Kemangi Sebagai Obat dan Cara Buatnya

Tujuh Khasiat Daun Kemangi Sebagai Obat dan Cara Buatnya

Daun kemangi
Daun kemangi

Daun kemangi tidak hanya dapat digunakan sebagai olahan sambel pecel lele saja. Tetapi lebih dari itu, merupakan obat dari alam yang dapat menyembuhkan beberapa problem penyakit.

Daun kemangi telah lama dijadikan sebagai obat tradisional dari berbagai budaya dunia selama ratusan tahun. Telah terbukti memuaskan tidak hanya lidah saja, tetapi juga bagian tubuh lainnya. Berikut ini beberapa khasiat daun kemangi sebagai obat dan penjelasan singkat cara membuatnya:

1. Obat Sakit Perut dan Gangguan pencernaan

Orang Italia punya rahasia untuk menjaga perut tetap sehat, tidak lain adalah kemangi. Kemangi memiliki efek menenangkan pada perut dan dalam hal ini meminum air kemangi dapat mengatasi masalah pencernaan dan menghilangkan rasa kembung. Tambahkan setengah sendok teh daun kemangi kering atau segar ke dalam air panas atau dingin, lalu bisa langsung diminum.

2. Obat Batuk dan Pilek

Daun kemangi segar dapat dikunyah sebagai obat untuk batuk atau pilek. Khasiatnya dapat membantu menenangkan tenggorokan dengan cepat. Juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dan efek khasiatnya tetap sama.

3. Steam Wajah untuk Sakit Kepala

Jika Anda menderita sakit kepala atau migrain, teteskan 1 atau 2 sendok makan daun kemangi kering ke 2 gelas air mendidih dalam panci besar. Uji intensitas uap yang dihasilkannya, lalu condongkan ke panci. Tutupi kepala Anda dengan handuk basah dan hirup uapnya dengan hati-hati. Manfaatnya dapat mengurangi sakit kepala Anda secara dramatis.

4. Sengatan dan Gigitan

Jus daun kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan bahkan mengeluarkan racun dari banyak jenis sengatan serangga dan gigitannya. Cuci daun kemangi segar dan lumatkan dengan jari-jari Anda. Sebagai alternative, juga bisa dikunyah langsung kemudian lembutannya dioleskan ke area yang tersengat.

5. Infeksi Telinga

Infeksi telinga dapat disembuhkan secara alami dengan minyak kemangi. Cukup teteskan 2 – 3 tetes minyak kemangi ke telinga yang terkena, lakukan rutin setiap hari sampai sembuh. Insyaallah tidak sampai tujuh hari penyakitnya akan sembuh.

6. Menormalkan Gula Darah

Kemangi dapat membantu mengurangi kadar gula darah jika dikonsumsi secara teratur. Anda bisa menggunakannya sebagai jus, dikombinasikan dengan lemon atau serai. Juga bisa dikonsumsi sebagai teh panas jika Anda lebih menyukainya.

7. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Tambahkan 2 atau 3 cangkir teh daun kemangi ke dalam bak mandi hangat untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan yang Anda alami. Aroma dan bahan kimia alami dalam daun kemangi dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

Kemangi bukanlah tanaman yang sulit dirawat, Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah sebagai persediaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jadi bisa langsung digunakan sewaktu-waktu saat mengalami kondisi darurat, misalnya di malam hari tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit, puskesmas masih tutup, daun kemangi bisa jadi pertolongan pertama.

Informasi tambahan: Selain kemangi ada juga daun basil, bentuknya hampir mirip dengan kemangi. Menurut informasi yang kami himpun, bedanya hanya pada daunnya dimana basil lebih lebar dari kemangi dan ada sedikit aroma-aroma mint-nya..

Keduanya juga sama-sama memiliki manfaat kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Cuman kalau basil lebih populer di Eropa, sementara daun kemangi lebih akrab di telinga kita (orang Indonesia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here