Beranda Kesehatan Herbal Menurunkan Gula Darah Tinggi Instan dengan 11 Makanan Alami Ini

Menurunkan Gula Darah Tinggi Instan dengan 11 Makanan Alami Ini

Tes gula darah
Tes gula darah

Mempertahankan kadar gula darah yang sehat sangat penting karena dapat melindungi tubuh dari terkena diabetes dan kondisi kesehatan lain, seperti stroke, kebutaan, dan serangan jantung. Apa yang kita makan juga berpengaruh terhadap kadar gula darah. Deretan makanan alami berikut, terbukti dapat membantu menurunkan dan menormalkan kadar gula darah tinggi.

Gula darah tinggi adalah awal dari segala penyakit mengerikan seperti diabetes, jantung dan bahkan kanker. Jadi, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan-makanan alami berikut ini:

Alpukat

Beberapa orang menghindari alpukat karena kandungan lemaknya, tetapi lemak ini sebenarnya baik untuk semua orang. Bahkan pada mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi. Lemak ini dikenal sebagai lemak tak jenuh tunggal, yang justru dapat memperlambat distribusi gula dalam aliran darah, sehingga menghasilkan pelepasan insulin yang lebih rendah.

Minyak Zaitun

Sama seperti alpukat, jenis minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu dengan resistensi insulin dan pertumbuhan lemak perut.

Blueberry

Pada 2010, Journal of Nutrition menemukan bahwa blueberry dapat mengurangi risiko diabetes, bahkan bagi mereka yang sudah terkena sekalipun. Blueberry memiliki bahan bioaktif yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Kayu Manis

Diabetes Care melakukan penelitian pada tahun 2003, dan menemukan bagaimana kayu manis menyebabkan hati dan otot menjadi siap ketika kontak dengan insulin. Hal ini efeknya juga dapat meningkatkan penurunan berat badan berlebih dan menjaga kadar gula darah tetap normal

Biji Chia

Biji chia juga bermanfaat dalam menstabilkan gula darah, jadi sangat bagus dikonsumsi bagi orang yang berisiko terkena diabetes atau sudah terkena penyakitnya. Biji chia juga membantu meningkatkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, dan kadar gula, terutama setelah makan.

Rempah-rempah

The Journal of Medicinal Food menerbitkan sebuah penelitian pada tahun 2005 bahwa rempah-rempah dapat meningkatkan pemecahan kolesterol dan glukosa. Akibatnya, insulin dan kadar gula darah akan berkurang.

Cuka

Jika Anda banyak makan makanan dengan banyak karbohidrat, cuka dapat dikonsumsi sebagai penetralisirnya. Selain itu, cuka juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Baca juga: Cara Membuat Cuka Sari Apel Sendiri, Bisa untuk Obat Penyakit

Mangga

Menurut penelitian Nutrition and Metabolic Insights, seseorang perlu mengonsumsi 10 gram mangga setiap harinya guna menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Buah Ceri

Ceri mengandung anthocyanin, yang dapat membantu menurunkan kadar gula tinggi bagi penderita diabetes dan produksi insulin hingga 50%.

Telur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Obesity menemukan betapa bermanfaatnya telur bagi orang berbadan gemuk. Dalam studi tersebut, orang gemuk diberi dua butir telur untuk sarapan dan hasilnya mereka kehilangan 65% lebih banyak berat badan daripada orang lain yang tidak makan telur. Kadar gula darah dan insulin juga berangsur normal setelah mengonsumsi telur dalam beberapa hari.

Baca juga: Begini Cara Turunkan 5,5 Kg dalam Seminggu dengan Diet Telur

Bawang putih

Bawang putih dikenal dapat mengurangi kadar kolesterol dan gula darah tinggi. Sebuah studi dari tahun 2006 hingga 2012 menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Diet atau pola makan sehat sangat penting dalam mengendalikan gejala diabetes, terutama diabetes tipe 2. Meskipun mengubah apa yang kita makan tidak serta merta langsung menyembuhkan penyakit, makanan di atas jika dikonsumsi secara teratur dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here